Beranda Berita Proses Cepat, Jamaah Haji Respons Positif Layanan Fast Track

Proses Cepat, Jamaah Haji Respons Positif Layanan Fast Track

20
0
Jamaah haji asal Surabaya tiba di Bandara AMAA Madinah

IPHI DIY – Senyum mengembang di wajah Munir (56), jamaah haji asal Lamongan yang tergabung dalam kloter 8 Embarkasi Surabaya (SUB-08). Dia mengaku terbantu seiring dengan adanya layanan fast track (jalur cepat) tahun ini di Bandara Juanda Surabaya.

Fast track merupakan fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor, dilakukan oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Sehingga, setibanya di bandara Madinah atau Jeddah, bisa langsung menuju bus untuk ke hotel.

“Jalur fast track ini sangat membantu, menyenangkan, karena begitu sampai langsung naik ke bus menuju hotel. Tanpa harus antri berlama-lama di bandara,” ungkap Munir setibanya di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Selasa (14/5/2024), dikutip dari laman resmi Kemenag.

Tanpa Daftar Lewat Aplikasi Nusuk Bisa Masuk Raudhah dengan Tasrih

Layanan fast track kali pertama diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Mulai tahun ini, layanan sejnis juga diberlakukan di Bandara Adi Seomarmo Solo dan Bandara Juanda Surabaya. “Saya berharap, fast track juga dapat dirasakan seluruh embarkasi. Meski saat ini sudah dirasakan di tiga embarkasi sekaligus,” katanya.

Munir berprofesi sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Lamongan. Ini bukanlah kali pertama keberangkatannya menunaikan ibadah haji. Menurutnya, layanan haji semakin tahun semakin bagus.

“Layanan haji semakin tahun semakin bagus. Dibandingkan yang dulu-dulu, dulu hotel jamaah sangat jauh. Sekarang, hotel jemaah bahkan paling jauh 350 meter dari Nabawi,” imbuh pembimbing pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) ini.

Kondisi Arab Saudi Panas, Menag Ingatkan Jamaah Haji Jaga Kondisi Fisik

“Saya sampaikan terima kasih pada pemerintah Indonesia, Kementerian Agama tentunya, untuk kebaikan layanan haji. Semoga ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” harapnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan Lestari (46). Jamaah haji asal Lampung yang tergabung dalam kloter 6 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG-06) juga senang dengan layanan fast track.

“Alhamdulillah, cepat. Tidak harus antre. Petugas juga sigap melayani, menyambut dengan senyuman. Makanan enak, semua layanan baik. Terima kasih ya mbak,” ungkapnya dengan mata berkaca. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.