Beranda Berita Kondisi Arab Saudi Panas, Menag Ingatkan Jamaah Haji Jaga Kondisi Fisik

Kondisi Arab Saudi Panas, Menag Ingatkan Jamaah Haji Jaga Kondisi Fisik

18
0
Cuaca Arab Saudi sedang panas bisa sampai 50 derajat celcius. (Foto : Saudi Gazette)

DESK DIY – Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas telah melakukan pengecekan persiapan penyelenggaraan ibadah haji di Makkah, Madinah, dan Bandara tempat penerimaan para jamaah.

Menag mengingatkan agar jamaah haji Indonesia untuk menjaga kondisi fisik tetap prima mengingat keadaan cuaca di Arab Saudi sedang panas. “Saya harus sampaikan kepada jamaah, cuaca sudah mulai panas di sana. Kalau kemarin saya pulang (usai kunjungan ke Arab Saudi), sekitar 40 derajat. Jadi, panas sekali dan itu belum puncaknya,” kata Menag seperti dikutip dari laman resmi Kemenag RI, Sabtu (11/5/2024).

Yaqut mengatakan pihaknya telah mengecek persiapan pelayanan jamaah haji Indonesia di dalam negeri maupun di Tanah Suci, dan memastikan petugas siap menyambut kedatangan jamaah haji di Arab Saudi.

Petugas Haji Siap Sambut Jamaah Indonesia di Jalur Cepat di Bandara AMAA Madinah

Karena itu kondisi fisik jamaah calon haji harus benar-benar diperhatikan dengan menghemat energi, memperbanyak minum air putih dan vitamin untuk menjaga stamina.

“Saya berharap agar jamaah terus menjaga staminanya. Menjaga kesehatan fisiknya, karena kita tahu haji ini pada fisik. Jadi, hemat energinya, banyak minum vitamin,” ujarnya.

Menag juga berpesan agar para jamaah calon haji untuk meluruskan kembali niatnya dalam beribadah haji. “Niat harus ditata. Jadi, niatnya itu niat ibadah. Jangan membuat niat-niat yang lain di luar niat ibadah,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui selama empat hari terakhir Menang melakukan kunjungan ke Arab Saudi untuk mengecek persiapan layanan bagi jamaah haji Indonesia. Pengecekan dilakukan di Makkah, Madinah, Muzdalifah, Arafah, dan Mina.

Reformasi Haji, Arab Saudi Luncurkan Smart Card. Ini Manfaatnya

Tahun ini, Indonesia mendapat 241.000 kuota, terdiri atas 213.320 jemaah reguler dan 27.680 jamaah khusus. Kemenag memastikan hampir semua jamaah calon haji sudah memiliki visa haji sehingga siap diberangkatkan.

Jemaah terbagi dalam 554 kloter terdistribusi dalam 14 embarkasi. Yaitu, Embarkasi Aceh (BTJ), Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta – Pondok Gede (JKG), Jakarta – Bekasi (JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar (UPG).

Jamaah haji Indonesia mulai terbang ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Proses pemberangkatan jemaah akan berlangsung hingga 10 Juni 2024. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.