Beranda Berita Seleksi dan Bimtek Serba Digital, Kemenag: Petugas Haji Harus Melek Teknologi

Seleksi dan Bimtek Serba Digital, Kemenag: Petugas Haji Harus Melek Teknologi

47
0
Bimtek Petugas Haji

IPHI DIY – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan bahwa seluruh petugas haji harus melek teknologi. Itu sebabnya seluruh proses rekrutmen petugas haji dilaksanakan secara digital.

“Seluruh petugas haji harus melek teknologi. Untuk itu, seluruh proses rekrutmen yang panjang ini dilakukan secara digital dari mulai pendaftaran hingga post test yang nanti akan dilakukan oleh seluruh calon petugas haji,” kata Hilman Latief pada saat pembukaan Bimbingan Teknis PPIH Arab Saudi Tahun 1445H/2024M di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Hilman juga berpesan agar para calon petugas dapat memanfaatkan Bimtek untuk melayani para tamu Allah. “Manfaatkan proses ini sebaik-baiknya, proses seleksi yang panjang dan melelahkan ini. Lakukan dengan komitmen untuk melayani para dhuyurrahman,” tegasnya.

Tingkatkan Kualitas, Kemenag Lakukan Bimtek Petugas Haji dengan Pola Baru

Digitalisasi yang dilakukan pada proses seleksi dan bimtek PPIH mendapat sambutan baik dari peserta. Salah satu peserta Bimtek dari Pelayanan Konsumsi Pusat, Wati Nilamsari mengatakan bahwa digitalisasi pada proses rekrutmen dari pendaftaran hingga Bimtek menurutnya sangat memudahkan.

“Dari mulai pendaftaran hingga tes semua serba digital, hasil tes juga langsung ada sehingga seluruh proses seleksi sangat transparan,” ungkapnya.

Menurutnya dengan adanya digitalisasi sangat memudahkan kinerja, mempersingkat waktu, dan nantinya dapat mempermudah laporan kinerja. Ia juga mengapresiasi materi modul Bimtek yang disiapkan oleh Kemenag.

Terkait Umrah Backpacker, Wakil Ketua Komisi VIII Setuju Perlu Regulasi Pelindungan Jemaah

“Materi sudah sangat lengkap dari knowledge hingga praktik sudah sangat komprehensif dan bagus,” ujarnya.

Terkait komitmen melek teknologi, Kemenag juga mensyaratkan adanya Pakta Integritas dari para kandidat petugas haji kemampuan untuk mengoperasikan perangkat TIK. Syarat ini harus diunggah melalui situs petugas haji Kemenag sebelum pelaksanaan Bimtek dimulai. Rencananya Bimtek PPIH 1445H/2024M akan digelar selama 10 hari ke depan dari tanggal 19 – 28 Maret 2024 dan diikuti oleh 890 peserta. (Kemenag)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.