Beranda Berita IPHI DIY Gelar Harlah 34 dan Halal Bil Halal 1445 H

IPHI DIY Gelar Harlah 34 dan Halal Bil Halal 1445 H

27
0
Ketua PW IPHI DIY, Drs HA Hafidh Asrom MM saat memberikan sambutan pada halal bil halal, Rabu (1/5/2024). (foto : heri purwata)

YOGYAKARTA, IPHIDIY.COM — Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, Daerah Istimewa Yogyakarta (PW IPHI DIY) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (Harlah) ke 34 IPHI dan halal bil halal Syawal 1445 Hijriyah di Kampus Al Azhar Sleman, Rabu (1/5/2024). Acara dihadiri Pengurus Wilayah, dan perwakilan Pengurus Daerah (PD) Kabupaten Sleman, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul dan Kota Yogyakarta.

Rangkaian acara diawali dengan Ikrar Syawalan yang dipimpin Anggota PW IPHI DIY, H Roni Sugiarta SE. Selanjutnya, pamitan haji yang diwakili Aminuddin Najib. Ada 3.329 Calon Jamaah Haji DIY yang akan berangkat pada musim haji 1445 H. Mereka akan diberangkatkan dalam beberapa kelompok terbang (Kloter) melalui Embarkasi Solo.

“Kami mohon maaf bila ada khilaf dan salah. Mohon halal dan mohon maaf. Kami juga memohon doa agar Allah SWT berkenan menambah, memperkuat ketaqwaan kami. Karena sebaik-baik bekal ibadah haji adalah taqwa,” kata Aminuddin Najib.

Aminuddin Najib juga memohon agar calon jamaah haji DIY mendapatkan kemudahan, baik di persiapan, perjalanan, di Tanah Suci dan pulang. “Semoga kami pulang kembali utuh 3.329 orang dan memperoleh haji yang mabrur,” harap Aminuddin Najib.

Selain itu, juga diserahkan Surat Keputusan Pergantian Antar Waktu (PAW) oleh Ketua PW IPHI DIY, Drs HA Hafidh Asrom MM. Surat Keputusan diserahkan kepada Dr H Nur Ahmad Ghajali MA (Sekretaris PW IPHI DIY); Dr H Muhammad Taufik SAg, MA (Wakil Sekretaris I PW IPHI DIY); Hj Etyk Nurhayati SPdI, MPd (Sekretaris Biro Pemberdayaan Ekonomi Kreatif); dan H Mujiburrahman, SAg, MSi (Anggota Biro Pemberdayaan Ekonomi Kreatif).

Penyerahan SK PAW
Hafidh Asrom menyerahkan SK Pergantian Antar Waktu Pengurus IPHI DIY. (foto : heri purwata)

Hafidh Asrom mengatakan IPHI lahir tahun 1990, sehingga tahun ini usianya genap 34. Peringatan ini untuk mengingat perjuangan pendahulu kita yang mendirikan IPHI pada 22 Maret 1990 yang dimotori oleh H Sulastomo.

Ini merupakan perjalanan kepengurusan IPHI yang panjang. Bahkan di Pusat sempat terjadi perebutan dan ada dua kubu. “Alhamdulillah di DIY tidak ada kubu-kubuan. Sepakat untuk semua pengurus,” kata Hafidh Asrom.

Hafidh menambahkan kepengurusan IPHI DIY tidak terkait dengan politik sehingga tidak ada oposisi. “Siapa saja yang siap mengabdi untuk kepentingan umat, dan menjaga kemabruran haji kita sepanjang hayat, itulah yang dilakukan pengurus Yogyakarta semuanya,” katanya.

Sedang Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) DIY, Dr H Masmin Afif MSi mengatakan kepengurusan IPHI, baik tingkat Pimpinan Wilayah (PW), dan Pimpinan Daerah (PD) telah memberikan kontribusi ikut menjaga dan merawat kemabruran haji. Setiap tahun, DIY bisa memberangkatkan di atas 3.000 jamaah ke Tanah Suci.

Tahun 1445 H, DIY akan memberangkatkan 3.403 jamaah dan petugas haji. Untuk petugas haji ada 127 orang yang terdiri petugas Kloter, dan petugas haji daerah. “Insya Allah Calon Jamaah Haji Yogyakarta akan diberangkatkan pada gelombang kedua. Pertama akan diberangkatkan pada Kloter 46 sampai delapan Kloter utuh dan dua Kolter gabungan atau sapu jagad yaitu 80 dan 100,” kata Masmin.

Sementara Pembinaan dan Hikmah Halal Bil Halal disampaikan DewanPenasehat/Dewan Pembina PW IPHI DIY, Prof Dr H Edy Suandi Hamid MEc. Sedang doa dipimpin Drs H Zaenal Abidin, MPdI, anggota IPHI DIY dan pembawa acara H Mawardi & Tim Al Azhar. (Heri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.