Beranda Berita MTsN 5 Bantul Gelar Manasik Haji

MTsN 5 Bantul Gelar Manasik Haji

191
0

Bantul (MTs N 5 Bantul) – Melaksanakan ibadah haji adalah impian setiap umat Islam. Untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima ini, perlu persiapan. Siap ilmu, harta (biaya) dan fisik (sehat jasmani dan rohani). Oleh karena itu, untuk semakin memantapkan ilmu terkait ibadah haji, MTs N 5 Bantul mengadakan Manasik Haji di Dewaruci Sanden Bantul Sabtu (27/8/2022). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII.

MTsN 5 Bantul Gelar Manasik Haji

Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Peserta manasik haji dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para siswa juga  praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Tavif Raharja, selaku Kepala Madrasah, sangat mendukung kegiatan ini. “Dengan manasik haji diharapkan para siswa akan lebih memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya. Di samping itu kegiatan ini juga untuk menumbuhkan spirit berhaji sejak dini.” tandas Tavif. (Nur)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.